Suasana ESQ di dalam auditorium gedung Sasana Budaya Ganesha pada Selasa, 1 September 2015. (Adithya Berlian Pratama Arsad/JUMPAONLINE)
Suasana ESQ di dalam auditorium gedung Sasana Budaya Ganesha pada Selasa, 1 September 2015. (Adithya Berlian Pratama Arsad/JUMPAONLINE)

Sabuga, Jumpaonline- ESQ (Emotional Spiritual Quotient) merupakan salah satu program di OPMB (Orientasi Pengenalan Mahasiswa Baru) Unpas dan bertujuan meciptakan mahasiswa yang bertakwa kepada Tuhan, juga berguna untuk mahasiswa dalam kehidupan sosial dan budaya. Namun, materi yang disampaikan setiap tahunnya tidak ada penambahan atau pengurangan materi.

“Materi dalam ESQ cenderung monoton dan perlu adanya inovasi baru dalam penyampaiannya,” ujar Syahrul Rozi, Anggota Dewan Keluarga Mesjid Unpas.

Syahrul menyampaikan perlu adanya inovasi dalam ESQ, supaya mahasiswa baru lebih antusias mengikutinya. Selain itu untuk menghindari kebosanan mahasiswa baru yang pernah mengikuti ESQ di tempat lain.

Hal senada disampaikan Fitria mahasiswa baru Fakultas Hukum. Dia merasa ESQ yang dilaksanakan kini kurang menarik. Hal itu dikarenakan dia pernah mengikuti kegiatan ini saat SMA, materi yang disampaikan pun sama persis.

Namun berbeda dengan Fitria; Fahri, mahasiswa baru dari Bekasi sangat antusias mengikuti ESQ. Dia mengaku baru pertama kali mengikuti ESQ dan merasa mendapatkan banyak hal berguna dalam materi yang disampaikan.

“Materinya bagus, saya baru pertama ikut jadi ini sangat berkesan buat saya,” katanya kepada Jumpaonline.

Pelaksanaan ESQ dalam OPMB merupakan pembekalan bagi mahasiswa baru sebelum memasuki perkuliahan di Unpas. Unpas dan tim ESQ telah bekerja sama setiap tahunnya dalam menyambut mahasiswa baru. Pelaksanaan OPMB universitas kali ini dilaksanakan pada 31 Agustus hingga 2 September 2015 mendatang.

ADITHYA BERLIAN PRATAMA ARSAD

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *