Potret hasil karya pameris seni rupa dua dimensi “Sembagi Aratula Exhibition” pada Selasa, 05 Juli 2022 di ruang CO&CO HUB, Bandung. (Selfa Safa Adelia/JUMPAONLINE)

Bandung, Jumpaonline – Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung mengadakan acara pameran seni rupa dua dan tiga dimensi di Gedung CO&CO HUB yang terletak di jalan Dipatiukur No.33, Bandung. Acara tersebut diikuti oleh 38 pameris yang merupakan mahasiswa Seni Rupa Murni angkatan 2021. Pameran berlangsung dari pukul 10.00 hingga 19.00 WIB dan terbuka untuk umum.

Tajuk yang diangkat dalam pameran tersebut adalah “Sembagi Aratula Exhibition”. Wahyu Rian, ketua pameran menjelaskan, kata sembagi aratula berasal dari sastra Jawa yang berarti tujuan dan cita-cita. Dari pengertian tersebut dimaknai sebagai representasi harapan para mahasiswa sebagai awal yang baik untuk memulai proses belajar yang baru.

“Sembagi Aratula diambil dari kata sastra Jawa, jadi pameran ini berbentuk perjalanan kita dari semester satu sampai dua, di mana semua karyanya ini rangkuman dari dua semester,” ungkap Wahyu.

Pameran ini rutin dilakukan untuk meninjau secara objektif bagaimana para mahasiswa berproses selama masa belajarnya, serta melihat potensi mereka dalam penjurusan patung dan lukis di semester tiga mendatang. Wahyu menambahkan, pameran ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena merupakan pameran yang pertama kali diselenggarakan di luar kampus ISBI Bandung.

“Sebenarnya pameran ini diperuntukkan untuk memberikan karya terbaik selama dua semester ini. Hal tersebut sebagai bentuk validasi karena semester tiga nanti ada penjurusan antara patung dan lukis. Jadi, dosen bisa menilai kompetennya di lukis atau patung. Kebetulan tahun ini pertama kali diadain di luar kampus, biasanya di dalam kampus,” jelas Wahyu.

Dewi Sri, salah satu pengunjung pameran mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk apresiasi kepada para mahasiswa atas pengimplementasian pembelajaran mereka selama dua semester.

“Salah satu peserta yang memamerkan seninya di sini adalah teman saya dan saya coba mengapresiasi hal tersebut dengan mengunjungi pameran,” ujar Dewi.

SELFA SAFA ADELIA

Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.