Sumber: dokumentasi Hipmi PT Unpas

Kampusiana, Jumpaonline – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Pasundan (Hipmi PT Unpas) merupakan organisasi pengusaha himpunan eksternal yang dikukuhkan oleh Hipmi Kota Bandung pada Jumat, 30 April 2021 di El Hotel Royale Bandung. Organisasi ini bertujuan untuk menciptakan mindset dan mental pengusaha bagi mahasiswa Unpas yang menjadi anggota Hipmi PT Unpas sebagai pengusaha yang tangguh, inovatif dan berdaya saing di era revolusi industri 4.0.

Irpan Muchamad Ghani, Ketua Umum Hipmi PT Unpas mengatakan, awal mula pembentukan Hipmi Unpas itu diinisiasi oleh 4 orang mahasiswa Unpas. Munculnya ide pembentukan Hipmi itu sekitar bulan Februari-Maret 2021.

 “Awal mula tercetusnya pembentukan Himpi ini di inisiasi oleh saya, Farhan dari Hukum Unpas, Rendi dari FISIP dan Yogi dari FKIP. Proses pembentukannya kita dikejar waktu, kita baru muncul ide Hipmi tuh sekitar bulan Februari-Maret 2021, dan kita dikontak oleh senior dari Hipmi Kota Bandung bahwa tanggal 30 April,  harus sudah jadi dan keluar lah SK sementara,” ujar Irpan saat dihubungi via Telepon pada Senin, 19 Juli 2021.

Irpan mengaku, pembentukan struktur sebelumnya itu dari hasil musyawarah. Setelah tahap open recruitment, akan ada pembentukan struktur organisasi yang baru.

“Nah kalau untuk pertama kali ya musyawarah, kan ini organisasi pertama jadi kalau mau mengadakan pemilu itu orang gak tau Hipmi itu apa, makanya kemarin mengadakan musyawarah untuk pembentukan struktur awal, ketika ini sudah terbentuk maka akan dilakukan staffing ulang,” jelas Irpan.

Irpan mengatakan, kita berbicara pengusaha itu kan ada pengusaha by nasab, pengusaha by nasib, dan pengusaha by desain yang dimaksudkan untuk menjadi pengusaha. Irpan mengutip quotes dari Bob Sadino, pengusaha sukses dari Indonesia, untuk rekan-rekan yang berniat menjadi pengusaha.

“Hipmi PT Unpas ini masuk kedalam ranah by desain. Jadi, teman-teman di desain untuk menjadi pengusaha. Untuk teman-teman yang mungkin memang mau jadi pengusaha, ada quotes unik dari Om Bob Sadino, beliau mengatakan banyak orang bertanya bisnis apa yang bagus? Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dibuka, bukan ditanya terus,” pungkas Irpan.

 

INDAH AULIA PUSPITA

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.