Penyerahan plakat dari Wakil Rektor III Unpas kepada Camat Sindangbarang sebagai simbol dibukanya Bakti Mahasiswa di Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur pada hari Kamis, 22 Februari 2018. (Durrotul Istiqomah/JUMPAONLINE)

Cianjur, Jumpaonline Dalam rangka menjalin kemitraan dengan Kabupaten Cianjur, Universitas Pasundan (Unpas) bersama Forum Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa (FK UKM) kembali menggelar Bakti Mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung dari 21-24 Februari 2018. Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Februari 2018 di Kantor Kecamatan Sindangbarang.

“Kedatangan Unpas ke sini sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat,” ujar Deden Ramdan, Wakil Rektor III Unpas.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan diantaranya Seminar dari Badan Narkotika Nasional (BNN), sosialisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unpas, tabligh akbar, penanaman pohon ketapang, jalan sehat, pemeriksaan kesehatan serta apresiasi seni dan doorprize. Kegiatan yang dilakukan dwi-tahunan ini turut melibatkan seluruh UKM Unpas dan masyarakat Sindangbarang.

Deden menuturkan, Kabupaten Cianjur khususnya Desa Sindangbarang memiliki potensi alam yang baik untuk dapat menarik minat wisatawan. Namun sayangnya pengelolaan alam ini belum dilakukan secara menyeluruh. Sehingga itu menjadi alasan Kabupaten Cianjur dipilih sebagai kawasan binaan Unpas.

“Untuk menikmati kekayaan alam Sindangbarang dibutuhkan pengelolaan yang baik, sehingga perlu adanya penataan sebagai langkah awal,” tambahnya.

Senada dengan Deden, Erjen Jenal Mutakin, Camat Sindangbarang mengatakan, kedatangan Unpas sangat membantu masyarakat Sindangbarang. Terlebih dengan dilibatkannya masyarakat dalam beberapa kegiatan.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini tidak hanya sekali, kita dapat menikmati hasilnya bersama-sama,” pungkasnya.

Unpas dengan pemerintah setempat juga turut mengontrol penanaman pohon yang dilakukan di daerah pesisir Pantai Apra. Sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat dan peserta ketika kembali berkunjung ke Sindangbarang.

DURROTUL ISTIQOMAH MARDHIYYAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.