Ilustrasi mahasiswa berprestasi (okezone)
Ilustrasi mahasiswa berprestasi (okezone)

Lengkong, Jumpaonline – Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Politik Sosial (FISIP) berhasil lolos dalam seleksi tingkat fakultas program Pemilihan Mahasiswa Berprestasi pada Kamis, 26 November 2015. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Siti Zainurahmi jurusan Hubungan Internasional, Fadhil Ramadhan Lukman, dan Rut Cahaya Hutapea jurusan Ilmu Komunikasi.

Mahasiswa yang mengikuti seleksi ini harus membuat karya tulis ilmiah yang temanya sudah ditentukan. Kemudian mereka mempresentasikan karya tulis ilmiah tersebut di depan tim penilai yang berasal dari seluruh ketua jurusan di FISIP.

“Dari presentasi tersebut kita menilai delapan aspek, di antaranya metodologi karya tulis, presentasi, kecakapan berbahasa inggris, dan kepribadian peserta,” ujar Ade Priangi, Tim Penilai pada Jumpaonline.

Rut, salah satu peserta mengatakan dirinya merasa senang dan lega terpilih mewakili FISIP untuk mengikuti tahap selanjutnya. Dia mempersiapkan seleksi ini hanya dalam waktu tiga hari saja.

“Saya mempersiapkan presentasi dan karya tulis ilmiah sekitar tiga hari,” ucapnya kepada Jumpaonline.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan program yang diselenggarakan Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dikti). Program ini memiliki empat tahap seleksi, pertama seleksi di tingkat jurusan, kedua adalah seleksi tingkat fakultas, ketiga adalah seleksi tingkat universitas, dan yang terakhir seleksi tingkat Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah Jawa Barat dan Banten.

“Pemenang  seleksi tingkat Kopertis wilayah dapat mengikuti tingkat nasional dan bersaing dengan perguruan tinggi negeri,”ucap Ude.

EGI BUDIANA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *