Potret 10 Stan Unit Kegiatan Mahasiswa Unpas di PKKMB 2019

Sabuga, JumpaonlineDalam rangka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unpas membuka stan dengan tujuan mensosialisasikan kepada mahasiswa baru (maba). UKM merupakan organisasi internal kampus yang bergerak dibidang minat dan bakat. PKKMB Unpas dilaksanakan 1-2 September 2019 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) ialah lembaga dakwah kampus yang bergerak dibidang keagamaan, serta mengelola sarana prasarana kemakmuran masjid. Beberapa bentuk kegiatannya ialah membersihkan masjid, kajian dan mentoring bagi mahasiswa baru. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan organisasi internal kampus lembaga eksekutif ditingkat pendidikan tinggi. BEM menjadi ruang bereksperimen dan aktualisasi bagi mahasiswa dalam mengasah nalar kritis dan kepekaannya terhadap realita sosial. Demi menunjang itu semua BEM Unpas memiliki beberapa program diantaranya dalam bidang kajian dan pengabdian yang berupa agenda bedah buku, kajian umum, membuka kelas bahasa asing, kelas logika, kelas filsafat, kelas kajian riset, latihan kepemimpinan, program kerohanian, mengadakan seminar internasional dan agenda lain yang menunjang pergerakan mahasiswa eksternal Unpas. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Jumpa adalah unit kegiatan mahasiswa di bidang jurnalistik, kegiatannya berupa reportase, penulisan, fotografi, desain, dan video. LPM Jumpa menggarap dua media yaitu media online berupa situs yang dapat diakses melalui situs www.jumpaonline.com dan media cetak berupa tabloid Jumpa. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Korps Sukarela Relawan (KSR) ialah organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan, bidang tersebut memiliki aspek sosial dan kesehatan. Beberapa bentuk kegiatannya yaitu bina masyarakat desa, water rescue, vertical rescue, donor darah, penurunan ke bencana, siaga bencana, dll. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Koperasi Mahasiswa (Kopma) merupakan UKM yang bergerak dibidang wirausaha. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Kopma seperti open house, Diksarkop (Pendidikan Dasar Koperasi), Diklaktop (Pendidikan dan Latihan Koperasi), kegiatan Pasundan Business Club (PBC), kegiatan kepanitiaan KOPMA, pendelegasian pelatihan. KOPMA memiliki beberapa unit usaha seperti Toko Tamansari, Toko Lengkong Besar, Toko Setiabudhi, Green café dan perdagangan umum. Selain kegiatan tersebut, Kopma melakukan kegiatan yang bernama Pasundan Business Club yang merupakan minat dan bakat anggota Kopma. kegiatan tersebut berupa PBC Usaha & Public Speaking, PBC Akademik, PBC Kesenian dan Keterampilan, PBC Olahraga dan Rohani. KOPMA memiliki simpanan yaitu simpanan pokok dan wajib. Simpanan pokok yang dibayar satu kali selama menjadi anggota sebesar Rp. 25.000,00. Dan simpanan wajib dibayar setiap bulan selama menjadi anggota. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan UKM yang bergerak dibidang semi militer, serta sebagai wadah keikutsertaan mahasiswa dalam Bela Negara yang sekaligus merupakan komponen kekuatan pertahanan keamanan Negara. Adapun jenjang pendidikan yang diterapkan oleh Menwa yaitu, Latihan Dasar Kemiliteran (LDK), Lattap Dharma Satya, SUSKALAK, SUSKAPIN. Adapun pendiidkan lanjutannya yaitu, kursus dinas staf, SUSPELAT, DIKPROV, mahir menembak, scuba diving, seminar kebangsaan, dll. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

 

Lingkung Seni Mahasiswa (Lisma) ialah UKM yang bergerak di bidang kesenian. Adapun unit keseniannya yaitu, Teater dan Sastra, Kesenian Daerah Sunda, Paduan Suara dan Musik, Tari Kreasi dan Fotografi. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (Mapak Alam) merupakan UKM yang berfokus pada kegiatan di alam terbuka yang kental akan nilai-nilai pendidikan, kelestarian, petualangan, dan humanisme. Mapak mengembangkan interaksi di semua aspek seperti berorganisasi, lingkungan hidup, mendaki gunung, panjat tebing, susur goa, arum jeram, dan penelusuran sungai dan laut. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Racana Pramuka Unpas merupakan suatu golongan pramuka peserta didik usia 21-25 tahun. Racana terbentuk dari suatu perkumpulan yang bernama Reka yang mempunyai pencapaian yaitu Pandega. Kegiatannya berupa mengadakan latihan rutin yang materinya berisi dari lima spesialisasi yaitu kepramukaan, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), mountaineering, survival, dan navigasi. (Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Koordinator Olahraga Mahasiswa (KOM) merupakan UKM yang bergerak di bidang olahraga. Bidang olahraga tersebut diantaranya, basket, badminton, taekwondo, voli, sepak bola, renang, catur, teknis meja, futsal, dan silat.(Fenny Maryani/JUMPAONLINE)

Teks: Fenny Maryani

No Responses

Tinggalkan Balasan