Raih Akreditasi A, Unpas Berupaya Untuk Go International

Tampak depan bangunan Kampus I Universitas Pasundan, Lengkong yang merupakan kampus tertua di Unpas. Selasa, 22 Januari 2019 (Arif Rian Pratama/JUMPAONLINE)

Setiabudi, Jumpaonline-  “Setelah mendapat akreditasi A, target Unpas (Universitas Pasundan) berikutnya adalah meningkatkan akreditasi program studi sampai ke tingkat internasional,” terang Eddy Jusuf, Rektor Unpas saat ditemui Jumpa di ruangannya di Kampus IV Unpas pada Selasa, 22 Januari 2019.

Demi tercapainya target tersebut, maka Unpas melibatkan lembaga-lembaga internasional. Hal ini dinilai sejalan dengan tujuan menjadikan Unpas sebagai komunitas akademik bertaraf internasional pada tahun 2021.

“Unpas akan coba membuka akses dengan ASEAN University Network (AUN) untuk mengasesmen program studi yang sudah terakreditasi A, maupun program studi lainnya,” ujar Eddy.

Eddy menambahkan, Unpas akan meningkatkan dan mengisi Memorandum of Understanding (MoU) dengan 42 perguruan tinggi di luar negeri dan beberapa perusahaan multinasional. Hal tersebut  sebagai jembatan penelitian-penelitian dalam negeri, khususnya bagi sivitas akademika Unpas.

Sehubungan dengan upaya-upaya tersebut, mahasiswa pun turut memberikan dukungan. Seperti yang dikemukakan Shopi Fitriyani, mahasiswa Hubungan Internasional 2017 yang mengaku mendukung upaya tersebut. Menurutnya, jika berhasil maka akan memberikan citra positif terhadap Unpas.

Sama halnya dengan Shopi, Difa Pramudya, mahasiswa Administrasi Publik 2017 juga mengatakan hal serupa. Namun, Difa  menyayangkan karena Unpas baru bisa meraih akreditasi A dan  baru berencana untuk go international, padahal Unpas sudah berdiri sejak tahun 1960.

Arif Rian Pratama

Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

No Responses

Tinggalkan Balasan