Pihak Keamanan PKKMB Unpas Periksa Barang Bawaan Maba

Calon Mahasiswa Baru Unpas sedang diperiksa barang bawaannya oleh pihak keamanan PKKMB pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 di depan pintu masuk Gedung Sabuga. (Rahayu Fusfita Sari/JUMPAONLINE)

Sabuga, Jumpaonline Pihak keamanan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pasundan melakukan pengecekan barang bawaan terhadap calon mahasiswa baru (Maba) pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018. Pengecekan dilakukan di depan pintu masuk gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), ITB. Calon maba yang membawa rokok, benda tajam, dan benda yang mudah terbakar disita oleh pihak keamanan.

“Di gedung kan tidak boleh merokok. Untuk gunting dan cutter kita menjaga agar tidak ada fasilitas gedung yang rusak,” ujar Windu, koordinator keamanan kegiatan PKKMB.

Windu, menambahkan, pengecekan barang bawaan calon maba dilakukan selama 2 hari yaitu pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 dan pada hari Minggu, 26 Agustus 2018. Tidak ada sanksi atas barang bawaan yang disita. Selain itu, barang tersebut dapat diambil setelah kegiatan berakhir.

Menurut salah satu calon maba dari Program Studi Akuntansi yang barangnya disita saat pengecekan, hal itu bukan menjadi masalah baginya. Hal tersebut justru dapat membuat suasana PKKMB semakin kondusif. Tetapi ia berharap jika barang tersebut tidak dapat kembali ke tangannya, jangan sampai dibagikan secara cuma-cuma kepada mahasiswa lain atau bahkan diperjualbelikan.

Pengecekan barang dibantu oleh beberapa anggota Unit Kegiatan Mahasiswa dan Kepala Sub bagian kemahasiswaan dari setiap fakultas. Namun, jumlah calon mahasiswa baru tidak sebanding dengan jumlah petugas yang mengecek barang tersebut sehingga prosesnya memakan waktu lama.

“Semoga pengecekan selanjutnya, petugas lebih diperbanyak agar antrian tidak terlalu lama,” ucap Restu, calon Maba Program Studi Akuntansi Unpas.

 

ASSYIFA AULIA SAFITRI

No Responses

Tinggalkan Balasan