Ketua KPUM FISIP: Partai Siap Menerima Kalah atau Menang

Pemira Fisip

Pemira FISIP 2014

Lengkong, Jumpaonline Partai Pasfor, Pinus, dan Jong Pasundan telah mengadakan kampanye terbuka selama 6, 8 dan 9 Mei 2014 menuju Pemira FISIP pada 14 Mei mendatang. Sebelumnya, telah ada penandatanganan nota kesepahaman Komite Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) dengan Partai Politik Kampus FISIP. Pada pasal satu berisi, partai harus siap menerima kekalahan dan kemenangan dengan lapang dada.

Menurut Daniel Russell Enander, Ketua KPUM, nota kesepahaman baru dibuat pada tahun ini, agar ada bukti hitam di atas putih. Persetujuan tata tertib Pemira telah disetujui oleh BEM, DPM, dan partai bersangkutan.

“Tahun sebelumnya tidak ada nota kesepahaman, hanya berupa pembicaraan saja,” ujarnya saat ditemui Jumpaonline di sekretariat KPUM, lantai basement, Unpas Lengkong.

Tak hanya nota kesepahaman, partai peserta Pemira diwajibakan menjaga kedamaian dan ketentraman dalam demokrasi kampus. Daniel melanjutkan, di beberapa Pemira tahun sebelumnya, partai yang tidak lolos kerap menimbulkan respon negatif dari pendukungnya.

“Kami sudah mengontak aparat, polisi akan diturunkan jika pemira berjalan dengan kisruh,” katanya pada Jumat, 09 Mei 2014.

Salah satu mahasiswa FISIP, Putra Yudistira mengatakan, tidak melihat partainya, siapapun yang layak duduk di kursi DPM dan BEM harus membuat birokrasi kampus lebih baik.

“Saya hanya ingin pemira berjalan dengan aman, siapapun yang menang maka orang itu yang pantas. Bersainglah dengan sehat,” ucapnya.

SASTIKA DEWI KABALMAY