Gubernur Himakom Hembuskan Nafas Terakhir Akibat Kanker

sumber : jttoilet.com

Lengkong, Jumpaonline – Panca Rama Pamungkas, mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) 2015 Unpas meninggal dunia akibat penyakit kanker yang dideritanya sejak akhir tahun lalu. Panca yang juga gubernur (ketua) Himpunan Mahasiswa Ilkom (Himakom) menghembuskan nafas terakhir di RS Santosa, Bandung pada hari Jumat, 10 November 2017.

Awalnya ada benjolan di perut bagian bawah (pangkal paha) Panca yang merupakan tumor tidak ganas. Setelah operasi pengangkatan tumor, sebulan kemudian ia mengeluhkan sakit di bagian perut. Hasil pemeriksaan menunjukkan Panca sudah memasuki kanker stadium 2. Penyebabnya diduga dari kebiasaannya yang tidak menjaga pola makan dan olahraganya.

“Jadi, dulu dia sering makan mie goreng dan fast food, jarang makan buah dan sayur sama kurang minum air putih,” ujar Erwin Setia Ramdani, kakak kedua Panca saat ditemui tim Jumpaonline di rumahnya pada hari Minggu, 12 November 2017.

Menurut Erwin, ada beberapa pengobatan yang telah dilakukan oleh Panca, diantaranya mengkonsumsi obat-obatan herbal. Selain itu, dia juga menjalani kemoterapi dan disinar selama 15 hari di bagian kepala dari total 30 hari, yang akan dilakukan di bagian kepala 15 hari dan di bagian dada 15 hari.

Fikar, mahasiswa Ilkom 2015 yang juga teman dekat Panca dari SMA hingga sekarang, mengatakan baru mengetahui penyakitnya sekitar bulan Juni 2017. Hal tersebut ditanyakan setelah melihat perubahan pada pola makan dan beberapa perilaku Panca. Fikar juga beberapa kali menawarkan diri untuk menemaninya ke rumah sakit, tapi selalu ditolak.

“Alasan tidak ingin menyusahkan orang lain dan merasa almarhum bisa sendiri,” ujarnya.

Semasa hidup, Panca dikenal sebagai pribadi yang introver di mata keluarga kecuali kepada sang ibu. Sedangkan bagi teman-temannya, ia dikenal baik, sabar, santai, mandiri, serta paham akan porsinya dalam berpendapat atau memberi saran. Dia tidak pernah mengeluh akan suatu hal bahkan mengenai penyakitnya. Tawa khas darinya menjadi salah satu kenangan yang melekat bagi teman-temannya.

 

Devi Aryanti

Calon Anggota Muda LPM Unpas