Adu Bakat Lewat Pasanggiri Seni Sunda

Salah satu peserta Pasanggiri Seni Sunda XIII sedang menampilkan tariannya. (Muhammad Taruna Prima Rahardi/JUMPAONLINE)

Salah satu peserta Pasanggiri Seni Sunda XIII sedang menampilkan tariannya. (Muhammad Taruna Prima Rahardi/JUMPAONLINE)

Tamansari, Jumpaonline Lingkung Seni Mahasiswa (Lisma) Universitas Pasundan (Unpas) kembali menggelar Pasanggiri Seni Sunda (PSS) XIII. Acara ini merupakan ajang bergengsi bagi siswa-siswi SD, SMP dan SMA sederajat di Jawa Barat (Jabar). Program kerja Lisma yang diadakan dua tahun sekali ini digelar dari 24 hingga 30 Maret 2014.

PSS XIII di tahun ini mengusung tema Ngaronjatkeun Rasa Miboga Kana Seni Sunda Pikeun Nembongkeun Pribadi Urang Sunda Nu Ngajaga Lemah Cai. Tema ini diangkat agar masyarakat lebih peduli serta dapat menyeimbangkan kesenian Sunda dan lingkungan alam sekitar, sehingga dapat lebih baik dari sebelumnya.

”Kita sekarang mengangkat tentang kesenian dan penghijauannya,” ujar Riska Aspul Lestari, koordinator acara.

Riska mengatakan kegiatan yang diperlombakan merupakan kesenian Sunda diantaranya Anggana Sekar, Tari Jaipong, Tari Tradisi Tunggal, Tari Tradisi Rampak, Pupuh dan Puisi Sunda.

‘’Semuanya ada 17 kategori yang diperlombakan,’’ tambah Riska ketika ditemui Jumpaonline 25 Maret 2014.

PSS XIII memiliki daya tarik tersendiri bagi pesertanya, karena memperebutkan piala bergilir diantaranya Piala Unpas, Piala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar dan Piala Gubernur Jabar. Tidak hanya itu, Walikota Bandung Ridwan Kamil turut memberikan apresiasi berupa piala untuk peserta terbaik.

Peserta berharap PSS XIII ini terus diadakan, agar siswa-siswi di Jabar dapat mengembangkan minat dan bakat lewat acara yang diadakan Lisma Unpas.

‘’Saya berharap acara ini tetap berlanjut untuk menggali dan memupuk sekaligus melestarikan seni Sunda,’’ tutup Fitrida Yuliati Rizki salah satu peserta.

MUHAMMAD DHANI WINHARSO

No Responses

Tinggalkan Balasan