Kolaborasi Kementerian Pariwisata RI dan Unpas dalam Pelatihan Kepariwisataan

Setiabudi, Jumpaonline – Dalam rangka menyadarkan mahasiswa tentang pariwisata, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Pasundan (Unpas) mengadakan pelatihan dasar Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan (pariwisata goes to campus). Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Otto Iskandardinata, kampus Unpas Setiabudi pada Jumat, 22 September 2017. Pelatihan yang dilaksanakan dari pukul 08.30-16.30 WIB diikuti oleh 500 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan.

Pelatihan ini dibagi dalam beberapa materi diantaranya mengenai peran SDM dalam membangun citra pariwisata Indonesia, kebijakan pariwisata nasional, kebijakan pariwisata daerah, dan pelayanan prima. Menurut Yulia selaku ketua pelaksana, melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu membantu mengembangkan dan mendukung pariwisata di Jawa Barat khususnya di Bandung.

Suasana registrasi oleh para peserta sebelum memasuki Aula Otto Iskandardinata, kampus Unpas Setiabudi pada Jumat, 22 September 2017. (Magfirah Ramadhani / JUMPAONLINE)

Pelatihan dasar SDM kepariwisataan (pariwisata goes to campus) Universitas Pasundan dibuka dengan pembacaan ayat suci Alqur’an. (Magfirah Ramadhani / JUMPAONLINE)

Seluruh peserta dan panitia berdiri saat menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam rangkaian pembukaan pelatihan dasar SDM kepariwisataan. (Magfirah Ramadhani / JUMPAONLINE)

Yulia selaku ketua pelaksana pelatihan dasar SDM kepariwisataan (pariwisata goes to campus) Universitas Pasundan sedang menyampaikan laporannya. (Magfirah Ramadhani / JUMPAONLINE)

Eddy Jusuf selaku rektor Unpas menyampaikan sambutan pembukaan pelatihan dasar SDM kepariwisataan di Aula Otto Iskandardinata. (Magfirah Ramadhani / JUMPAONLINE)

Wisnu Bawa Tarunajaya selaku Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan sedang menyampaikan materi mengenai ‘Pengertian Paket Produk Pariwisata dan Mengembangkan Sikap Melayani’. (Magfirah Ramadhani / JUMPAONLINE)

Pelatihan dilanjutkan dengan materi mengenai ‘Sadar Wisata dan Sapta Pesona serta Pelayanan Prima’ yang disampaikan oleh I Gusti Putu Laksaguna. (Magfirah Ramadhani / JUMPAONLINE)

Iyan, perwakilan Dinas Pariwisata Kota Bandung, sedang menyampaikan materi terakhir berkaitan dengan kebijakan pemerintah daerah dalam bidang pariwisata. (Magfirah Ramadhani / JUMPAONLINE)

 

Teks : MAGFIRAH RAMADHANI

No Responses

Tinggalkan Balasan