Terima Kujang, Jokowi Dianugerahi Gelar Pinisepuh

Didi Turmudzi (kedua kiri, belangkon cokelat) mendampingi Joko Widodo (ketiga kiri, belangkon putih) memasuki kantor Paguyuban Pasundan pada Minggu, 11 November 2018. (Durrotul Istiqomah/JUMPAONLINE)

Bandung, Jumpaonline – Paguyuban Pasundan menganugerahi Joko Widodo (Jokowi), Presiden Republik Indonesia sebagai pinisepuh. Penganugerahan tersebut ditandai dengan diberikannya pin kujang emas dan kujang hitam dari Didi Turmudzi, Ketua Umum Paguyuban Pasundan kepada Jokowi.

“Pinisepuh berarti orang-orang yang dituakan, dihormati, serta berjasa bagi bangsa dan negara.” Ujar Didi di halaman Paguyuban Pasundan pada Minggu, 11 November 2018.

Saat ditemui tim Jumpa di ruangannya, Didi mengatakan Jokowi telah membangun Jawa Barat dengan luar biasa. Hal ini memberikan kesempatan kepada masyarakat Jawa Barat untuk hidup layak. Oleh karena itu, Jokowi berhak untuk mendapatkan gelar itu.

Didi menambahkan, penganugerahan Jokowi sebagai pinisepuh tidak ada hubungannya dengan tahun politik. Penerima gelar tersebut dapat berasal dari berbagai kalangan. Beberapa tokoh yang telah mendapat gelar pinisepuh diantaranya Ginandjar Kartasasmita, Tjetje Hidayat Padmadinata, Agum Gumelar, dan Popong Otje Djundjunan.

Kedatangan Jokowi disambut meriah oleh warga Paguyuban Pasundan. Sepanjang Jalan Sumatera No. 41 sekitar 500 pelajar berjajar sambil memainkan angklung dan mengibarkan bendera merah putih. Tak ketinggalan, para pemain gendang dengan lihainya memainkan gendang diiringi lagu-lagu Sunda.

DURROTUL ISTIQOMAH MARDHIYYAH

No Responses

Tinggalkan Balasan