Islamic Book Fair 2019, Wujud Minat Baca Masyarakat

Suasana pameran buku yang digelar pada Kamis, 5 Desember 2019 dalam acara Islamic Book Fair 2019. (Arya Maulana Herdiansyah/JUMPAONLINE)

Bandung, Jumpaonline Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) beserta Pemprov Jabar dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat (DISPUSIP JABAR) menggelar acara Islamic Book Fair 2019 dengan Tema “AJARI AKU DENGAN KALAM-MU”. Pameran buku Islam terbesar di Jawa Barat ini diikuti oleh puluhan penerbit   se-Jawa Barat yang turut memeriahkan acara. Islamic Book Fair 2019 sudah diadakan sebanyak 12 kali, untuk tahun ini berlangsung pada tanggal 4-10 Desember 2019 di Landmark Braga, Bandung.

Abdul Rohman, pelaksana acara, menuturkan bahwa Islamic Book Fair 2019 tidak hanya berisi buku Islami saja, juga ada buku-buku umum yang dijual pada pameran ini dengan harga yang terjangkau mulai dari seribu rupiah, potongan harga pun hingga 70%. Selain pameran buku, acara pun diisi dengan berbagai kegiatan seperti, perlombaan marawis, TalkShow, dan bedah buku.

“Stan yang diadakan itu Sebanyak 100 stan yang menjual berbagai buku, tidak selalu buku yang dijual disini buku Islami, namun disini juga menjual buku umum memang yang dominan adalah buku Islamic,” ujar Abdul

Adi Tri Wijaya, panitia promosi, menuturkan bahwa  acara ini dimulai dari 9 pagi hingga 9 malam. Islamic Book Fair hanya di laksanakan dalam 1 tahun sekali dikarenakan adanya Event-event lain. Yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah metode pembayaran yang kini dapat secara digital

“untuk acara Islamic Book Fair ini hanya dilaksanakan 1 tahun sekali dan dalam acara ini ada kajian-kajian yang mendatangkan ustad sebagai pematerinya dan pada akhir acara biasanya akan ada potongan harga hingga 90%,”  tutur Adi.

Selain pameran buku, antusiasme masyarakat juga dipacu dengan adanya perlombaan-perlombaan yang diadakan dan kajian-kajian yang menyejukkan hati membuat masyarakat tertarik untuk menghadiri acara ini.

Dengan adanya acara Islamic Book Fair  diharapkan terus berlanjut keberadaannya, dan menjadi acuan untuk lebih peduli dan meningkatkan  minat baca di masyarakat.

“Diharapkan agar acara ini menjadi bibit tumbuhnya minat baca bagi masyarakat”, pungkas Adi.

 

ARYA MAULANA HERDIANSYAH

Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

No Responses

Tinggalkan Balasan