Belajar Keberagaman Agama, Dengan Jelajah Jalur Bhinneka

Para peserta Jelajah Jalur Bhinneka sedang mengunjungi Vihara Samudra Bhakti, pada Minggu, 8 Desember 2019. (Visca Istiqo Zulka/JUMPAONLINE)

Bandung, Jumpaonline – Komunitas Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB) menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Jelajahi Jalur Bhineka, dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2019 sekitar Jalan Cibadak, Bandung. Acara ini merupakan bagian dari Kegiatan Bandung Lautan Balad (Balad). Penjelasan singkat mengenai agama dan tempat ibadahnya menjadi serangkaian kegiatan.

Risdo, Sekjen Komunitas Jakatarub, mengatakan kegiatan ini sudah diselenggarakan di Bandung sejak 2012. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin dari komunitas Jakatarub. Selain acara ini, Banyak kegiatan yang sudah diselenggarakan oleh Jakatarub.

“Adapun Kegiatan Youth Camp, diskusi, dan nonton film bareng,” ujar Risdo.

Tak hanya dari Jakatarub saja yang melaksanakan kegiatan ini tetapi banyak komunitas-komunitas lain yang ikut bergabung. Dengan hadirnya anak muda yang tertarik dengan acara ini melahirkan ide-ide baru untuk gagasan kegiatan lainnya..

“Waktu itu hanya satu event yang diadakan, karena banyak anak muda mengikuti acara ini jadi makin banyak acaranya,” tambah Risdo.

Nita, Sekolah Damai Indonesia, mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat mampu meningkatkan rasa toleransi antar agama. Kegiatan serupa makin menjamur agar toleransi dapat diterapkan di masyarakat.

“Semoga ke depannya lebih banyak lagi orang-orang di luar sana yang bergabung agar kegiatan ini semakin dikenal orang-orang dan pendekatan di media sosial juga lebih intens,” ucap Nita.

 

LIRI LERIANDA | MONICA DEVINOR

Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

 

No Responses

Tinggalkan Balasan