Bangun Literasi Melalui Jabar Islamic Book Fair 2019

Kumpulan buku disalah satu stan yang tersedia di Jabar Book Fair 2019 dihari ke-2, Kamis, 5 Desember 2019, di Gedung Landmark Braga, Kota Bandung (Dini Rohmah/JUMPAONLINE)

Bandung, Jumpaonline Acara Jabar Islamic Book Fair (JIBF) yang bertema “Ajari aku dengan Kalam Mu” diadakan kembali oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat (Jabar)  di Gedung Landmark Braga, Kota Bandung. Acara ini diadakan pada 4 hingga 10 Desember 2019. Pameran buku terlengkap dan terbesar di Jawa Barat JIBF 2019 diikuti oleh 70 peserta yang menempati 98 stan, 6 konter di dalam dan 8 konter kuliner di luar.

Ketua Panitia JIBF 2019, Idham Fitriadhi mengatakan, JIBF tahun ini yang mengusung tema “Ajari Aku dengan Kalam-Mu”, mengajak seluruh masyarakat, khususnya umat muslim untuk menguasai ilmu pengetahuan, sekaligus taat pada pedoman hidup, yaitu Alquran.

“Dengan demikian, niscaya akan menjadi masyarakat yang paling siap bersaing dengan bangsa mana pun pada era globalisasi saat ini. Literasi akan mengubah keadaan,” ucapnya.

Penyelenggaraan kali ini juga memberikan hal yang sangat spesial, dimana panitia bekerjasama dengan perusahaan Fintech yaitu LinkAja. Selama pelaksanaan pameran para pengunjung akan mendapatkan kemudahan alternatif pembayaran, selain cash yaitu dengan menggunakan aplikasi QR Code LinkAja. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan cash back berupa saldo LinkAja sebesar 20%.

Salma, Mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pasundan, berpendapat bahwa acara seperti ini sangat edukatif untuk menambah wawasan, khususnya tentang agama islam dan harus sering dilaksanakan guna mengembangkan minat baca mahasiswa. Ada beberapa masukan untuk penyelenggara JIBF pada tahun ini yaitu, menambah referensi buku dan adanya mushola untuk memudahkan pengujung dalam melaksanakan salat.

“pertahankan acara seperti ini, masukan dari saya mungkin untuk memperbanyak referensi buku dan adanya mushola terdekat untuk mempermudah pengunjung dalam beribadah,” ujar salma.

Senada dengan Salma, Indi guru bahasa inggris juga berpendapat bahwa acara seperti JIBF ini sangat bermanfaat untuk dirinya dalam mencari referensi buku untuk mempelajari agama islam.

“banyak bertemu orang-orang yang ingin belajar tentang agama islam, sehingga memberikan edukasi bagi diri saya,” tutup Indi.

 

DINI ROHMAH

Calon Anggota Muda LPM Jumpa’ Unpas

No Responses

Tinggalkan Balasan