Australia Menyetujui Visa Sementara Bagi Pengungsi

Penyelundupan Pengungsi ke Australia (http://souisapaul81.blogspot.com)

Penyelundupan pengungsi ke Australia (http://souisapaul81.blogspot.com)

Sydney, Jumpaonline – Parlemen Australia menyetujui RUU bagi pengungsi untuk tinggal dan bekerja di Australia, selama tiga sampai lima tahun. Namun tidak memberikan perlindungan kepada mereka secara permanen. Kebijakan visa sementara bagi pengungsi diumumkan pada Jumat, 5 Desember 2014, setelah melalui perdebatan panjang di Senat.

Tony Abbott, Perdana Menteri Australia mengatakan, keputusan yang telah diambil adalah kemenangan bagi negaranya.

“Tiga hal yang diperlukan untuk menghentikan perahu pengungsi, yaitu pengolahan lepas pantai, mengubah kapal sekitar dan visa sementara,” ucapnya.

Dengan keputusan tersebut, pengungsi yang berada di pusat penahanan bisa meninggalkan kamp. Mereka juga dapat sekolah, bekerja dan berbaur dengan masyarakat, meski tidak ada ketentuan bisa dipersatukan kembali dengan keluarga.

Jane McAdam, Direktur Andrew & Renata Kaldor Centre dari Universitas New South Wales menuturkan, dengan memberikan visa kepada pengungsi maka memberikan kesempatan pada mereka yang memiliki kemampuan berharga.

Australia terkenal dengan kebijakan yang keras terhadap pencari suaka termasuk mengirimkan mereka ke kamp Papua Nugini dan Nauru. Ribuan pengungsi ini mencapai Australia dengan perahu, namun tidak memenuhi syarat untuk menetap.

SASTIKA DEWI KABALMAY|BBC|CNN

No Responses

Tinggalkan Balasan