Apresiasi Sastra Lewat Lomba Baca Puisi

Salah satu peserta membacakan puisi Taufiq Ismail pada Lomba Baca Puisi tingkat SMA dan sederajat se-Jawa Barat. Perlombaan yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Unpas tersebut digelar di Auditorium Kampus II Unpas Tamansari pada Senin, 10 Februari 2020. (Djihan Nofatikha/JUMPAONLINE)

Tamansari, Jumpaonline – Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (HMBSI) Universitas Pasundan (Unpas) gelar lomba baca puisi karya Taufiq Ismail tingkat SMA dan sederajat se-Jawa Barat. Perlombaan yang digelar di Auditorium Kampus II Unpas Tamansari pada Senin, 10 Februari 2020 tersebut mengangkat tema Ekspresi Kreatif untuk Masa Depan Berprestasi dan Gemilang.

Anisa Nurul Hikmah, ketua pelaksana perlombaan tersebut mengatakan, acara ini merupakan kegiatan tahunan HMBSI. Menurutnya, selain bertujuan mengapresiasi dan mengekspresikan karya sastra, perlombaan ini bertujuan untuk mempromosikan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kepada pelajar SMK/SMA/MA. Acara ini diikuti oleh 49 pelajar dari 29 sekolah se-Jawa Barat, di antaranya SMK 2 Bandung, SMA YPKKP dan lainnya.

“Sekaligus ajang promosi dan memperkenalkan jurusan kami,” ujar Anisa.

Sementara itu, Dewi, peserta lomba asal SMA YPKKP mengatakan, perlombaan seperti ini menjadi motivasi khalayak untuk mengapresiasi karya sastra. Karena menurutnya, kegiatan apresiasi karya sastra jarang digelar.

“Acaranya bagus, bisa memotivasi orang lain untuk membuat acara seperti ini,” ujar Dewi.

                                                                                                                       

Chandra Juliansyah | Djihan Nofatikha

Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

No Responses

Tinggalkan Balasan