Angklung’s Day 2019, Wajah Untuk Cintai Budaya

SDN 68 Panyileukan tampil dalam rangkaian Angklung’s Day yang merupakan bentuk perayaan Hari Angklung untuk mengapresiasi warisan budaya Jawa Barat pada Minggu, 24 November 2019 di halaman Gedung Sate Bandung. (Febia Azzahrah Ekanantia/JUMPAONLINE)

Bandung, Jumpaonline – Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Besar Bumi Siliwangi (Kabumi) Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kegiatan Angklung’s Day 2019 yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Kesehatan dan Polsek Cihapit dengan mengusung tema Feel The World’s Sensation. Kegiatan ini berlangsung di halaman Gedung Sate Bandung pada Minggu, 24 November 2019.

Rangkaian utama acara ini adalah penampilan angklung dari jenjang TK sampai umum. Selain itu, ada Lomba Foto dengan tema Feel The World’s Sensation dan Lomba Kostum bertema Nusantara atau Internasional. Acara ini diikuti oleh 3000 peserta dari 130 grup yang mencakup berbagai kalangan dan beberapa negara seperti Jepang, Eropa, dan Australia.

Dalam pelaksanaannya, tema yang diusung oleh Kabumi UPI memiliki target untuk memperkenalkan angklung ke taraf Internasional, karena tema yang digunakan pada tahun 2018 yaitu From Local to Global sudah terwujud. Panitia ingin masyarakat merasakan euforia budaya angklung pada taraf global, maka diangkatlah tema Feel The World’s Sensation.

“Kenapa ada perayaan Hari Angklung, karena salah satu bentuk mengapresiasi angklung sudah diakui oleh seluruh dunia. Karena sebagai warisan tak benda oleh UNESCO di tahun 2010,” tutur Dalvi selaku koordinator lapangan.

“Pastinya rame banget, sampe saking ramenya jadi hectic banget gitu ya banyak yang terlibat dari peserta lain,” tutur Melati selaku koordinator acara.

Acara ini dihadiri oleh tamu-tamu undangan, masyarakat umum, dan peserta lomba. Ada pula bazaar makanan dan pakaian. Photobooth yang disediakan panitia juga menjadi salah satu spot favorit pengunjung Angklung’s Day.

 

FEBIA AZZAHRAH | INDAH AULIA PUSPITA

Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

No Responses

Tinggalkan Balasan