Aksi Pembalasan, Rusia Mengusir Diplomat Kanada

(hariansib.co)

(hariansib.co)

Moskow, Jumpaonline – Pemerintah Rusia mengusir seorang diplomat Kanada keluar dari Moskow. Pengusiran Margarita Atanasov, Sekretaris I Kanada merupakan aksi pembalasan. Sumber dari Pemerintah Rusia pada Selasa, 22 April 2014 mengkonfirmasikan bahwa Atanasov mempunyai waktu 14 hari meninggalkan Rusia.

Pengusiran atas Atanasov terjadi setelah dua minggu pengusiran Yury Bezler, Asisten atase militer Rusia dari Ottawa, Kanada. Georgiy Mamedov, Duta besar Rusia untuk Kanada, mengakui alasan pengusiran Atanasov karena Bezler diusir lebih dulu dari Ottawa.

“Tidak ada alasan yang berhubungan dengan pekerjaan,” ujarnya.

Mamedov mengatakan negaranya tidak memulai. Kanada telah mengumumkan sangsi selama beberapa minggu terakhir dalam menanggapi ekspansi Rusia di Ukraina Timur. Kanada telah membatalkan jadwal pelatihan militer dan ekonomi bersama dengan Rusia serta mengusir tentara Rusia yang telah melatih tentara Kanada.

Jhon Baird, Menteri Luar Negeri Kanada mengunjungi negara-negara Eropa Timur untuk membahas situasi di Ukraina.

“Kami telah menganjurkan agar memberikan respon yang kuat atas tindakan Rusia yang mengintimidasi Ukraina,” ungkapnya.

Baird mengatakan Ukraina bertanggung jawab secara moral berpihak pada North Atlantic Treaty Organization (Organisasi Internasional untuk keamanan bersama) dan sekutunya untuk mendukung Ukraina.

“Kami menginginkan hal yang sama bagi orang-orang Ukraina. Perdamaian, kemakmuran, kedamaian, dan kebebasan,” ucapnya.

SASTIKA DEWI KABALMAY | CTVnews