Angkat Potensi Ekonomi , HIMA-KS Luncurkan Program Pra-koperasi
Angkat Potensi Ekonomi , HIMA-KS Luncurkan Program Pra-koperasi
Sumber: HIMA-KS

Kampusiana, Jumpaonline Himpunan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial (HIMA-KS) Universitas Pasundan (Unpas) melakukan pengukuhan pra-koperasi dalam rangkaian acara program tahunan Bina Desa yang bertajuk “Mengabdi dan Mengembangkan Potensi Untuk Wujudkan Desa yang Mandiri” pada Minggu, 27 Maret 2022. Bertempat di Desa Cibitung Kecamatan Ciater Kabupaten Subang, program ini merupakan realisasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk menggali potensi desa demi mewujudkan kemandirian. Selain itu, program Bina Desa dimaksudkan untuk menjadi media implementasi keilmuan mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial (KS) Unpas.

Robby Maulidina, ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan, pendirian pra-koperasi dalam program ini dilatarbelakangi oleh potensi pertanian Desa Cibitung yang melimpah. Masyarakat masih bertumpu pada sektor perekonomian primer dan pendirian pra-koperasi diharapkan dapat meningkatkan daya jual komoditas. Hal ini juga turut diikuti oleh pemberian pelatihan pengolahan hasil panen inovatif kepada masyarakat.

“Di Desa Cibitung belum terdapat koperasi. Jika program pra-koperasi ini berjalan lancar hingga menjadi koperasi maka Desa Cibitung akan kami jadikan desa binaan HIMA-KS dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Jadi, saat ini legalitas pendirian koperasinya sedang dalam proses,” ujarnya ketika dihubungi via WhatsApp pada Selasa, 29 Maret 2022.

Kusbang, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cibitung menuturkan, pendirian pra-koperasi sejalan dengan program BPD Cibitung dan kepengurusan pra-koperasi melibatkan partisipasi aktif sejumlah elemen masyarakat. Lebih lanjut lagi, kepengurusan dan kegiatan pra-koperasi akan dipantau secara berkala oleh HIMA-KS.

“Animo masyarakat terhadap pendirian pra-koperasi sangat besar. Kami berharap ke depannya akan terbentuk koperasi simpan pinjam dan penyediaan barang pemenuhan kebutuhan,” tuturnya melalui WhatsApp pada Selasa, 29 Maret 2022.

Sejalan dengan Kusbang, Aang, warga Desa Cibitung menyambut dengan antusias program ini. Ia merasa bahwa program ini meningkatkan pengetahuan masyarakat soal perkoperasian. Aang berharap, program Bina Desa yang diluncurkan dapat membantu perekonomian masyarakat.

“Kami masih membutuhkan bimbingan. Untuk selanjutnya, saya berharap HIMA-KS Unpas akan melakukan kunjungan lanjutan. Sumber daya manusia di Desa Cibitung pasalnya belum terlatih dalam mengurus koperasi,” katanya saat dihubungi via pesan singkat pada Selasa, 29 Maret 2022.

 

RIZKY RAHMALITA

Anggota Muda LPM Jumpa Unpas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.