Sumber : Instagram himakomunpas

Kampusiana, Jumpaonline – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Pasundan (Unpas) menyelenggarakan kegiatan perlombaan debat bahasa Indonesia dengan sasaran peserta yaitu siswa dan siswi SMA/SMK/MA se-Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada 15 Januari – 24 Februari 2022. Kegiatan perlombaan ini adalah sebagai bentuk program kerja bidang akademik HIMAKOM Unpas. Kegiatan ini bertajuk Adhikari Debate Competition, dengan mengusung tema Pendidikan di Masa Transisi: Kebijakan, Perubahan, serta Kendala dalam Sistem Pendidikan di Indonesia.

Viandita Alifah Putri, ketua pelaksana kegiatan perlombaan debat bahasa Indonesia mengungkapkan, bahwa HIMAKOM, khususnya bidang akademik ingin menjalankan program kerja yang dapat menjadi sarana atau media pembelajaran maupun pengembangan kemampuan para pesertanya, serta dapat mem-branding organisasi HIMAKOM dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpas.

“Acara ini diadakan untuk beberapa alasan. Yang pertama, dapat memberikan pembelajaran serta media untuk pengembangan kemampuan intelektual dan kemampuan berpikir kritis. Yang kedua, secara khusus kami ingin mem-branding organisasi HIMAKOM sendiri, serta secara umum untuk branding FISIP Unpas,” ungkapnya saat dihubungi via Whatsapp pada Rabu, 26 Januari 2022.

Selaras dengan Viandita, Rani Nabila, panitia pada kegiatan ini mengungkapkan,  melalui kegiatan ini diharapkan siswa dan siswi SMA/SMK/MA dapat lebih peka terhadap isu-isu pendidikan yang ada.

“Kami ingin memperkenalkan Unpas lebih luas, dan kami ingin siswa dan siswi SMA/SMK/MA lebih peka terhadap isu pendidikan yang ada,” tuturnya saat dihubungi via Whatsapp pada Senin, 24 Januari 2022.

Rani pun menjelaskan lebih jauh mengenai sistematika perlombaan yang akan diselenggarakan. Perlombaan ini akan diselenggarakan dengan dua metode, yakni online dan offline.

“Untuk perlombaan kami menggunakan dua metode, yaitu online dan offline. Untuk babak penyeleksian dan pengumuman seleksi video dilaksanakan secara online. Untuk babak penyisihan 16 besar, semifinal, hingga final dilaksanakan secara offline di Aula Suradiredja FISIP Unpas,” jelasnya.

 

MEILA SITI MAULIDIYAH
Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.