Sumber: Instagram lingkarawan.bdg

Bandung, Jumpaonline “Melapak buku ini pada awalnya bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di daerah Bandung. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan solidaritas,” ujar Rajendra, salah satu anggota Lingkarawan ketika ditanyai mengenai agendanya soal melapak buku gratis di kota Bandung.

Rajendra mengungkapkan, kegiatan melapak buku ini terbuka untuk umum, sehingga siapapun bisa membaca buku-buku yang telah disediakan. Selain menyediakan buku yang bisa dibaca secara gratis, kegiatan ini juga mencakup bedah buku dan saling bertukar cerita.

Menurut penuturannya, melapak buku ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 di sekitar daerah Bandung, mulai dari Alun-Alun Regol sampai di Alun-Alun Lembang. Buku yang disediakan juga beragam, mulai dari fiksi sampai non-fiksi.

“Kita tidak pernah menetap, selalu pindah-pindah. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan di hari Sabtu atau Minggu, tapi terkadang juga di hari biasa ketika ada acara gabungan. Untuk buku sendiri beragam, karena semua buku yang kami sediakan berasal dari donasi,” ungkapnya.

Rajendra menjelaskan jika respons masyarakat sekitar terhadap kegiatan ini bermacam-macam, mulai dari tak ada satupun yang membaca buku di lapakan tersebut sampai dengan respons positif dari adanya antusias masyarakat sekitar.

“Awal mula mengadakan kegiatan ini, sama sekali tak ada yang berkunjung. Namun lama-kelamaan semakin ramai,” kata Rajendra.

Samsa, salah satu pembaca di melapak buku tersebut mengatakan bahwa, adanya kegiatan ini sangat bermanfaat karena terdapat buku-buku asing yang sulit ditemukan di toko buku biasa. Selain itu juga memberikan wadah bagi masyarakat yang ingin membaca buku, namun tak memiliki uang untuk membeli buku sendiri.

“Menurut saya kegiatan ini harus bisa dikembangkan karena bisa saling membantu sekitar, juga bisa saling belajar bersama,” pungkasnya.

 

R.SABILA FAZA RIANA

Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.