Tangkapan layar situs Edu Campus Learning (ECL) Universitas Pasundan (Unpas) pada Senin, 24 Januari 2022.
Tangkapan layar situs  Edu Campus Learning  (ECL) Universitas Pasundan (Unpas) pada Senin, 24 Januari 2022.
Tangkapan layar situs Edu Campus Learning (ECL) Universitas Pasundan (Unpas) pada Senin, 24 Januari 2022.

Kampusiana, Jumpaonline – Ujian Akhir Semester (UAS) yang telah dilaksanakan selama satu pekan, mengalami kendala server down pada Learning Management System (LMS) yang bernama Edu Campus Learning (ECL). Terkait hal ini, UAS selama satu hari dilaksanakan pada situs E-learning.

Nashafa Rizqi Nafilia, mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menyatakan, di saat server down ia sangat kesulitan mengunduh materi yang akan dipelajari, lalu kurangnya respon dari pihak Information and Technology (IT) atau admin program studi pada saat dihubungi.

“Saya tidak dapat mengunduh materi untuk belajar, walaupun ada situs google yang tersedia, tetap saja materi dosen pada ECL sangat penting. Respon dari pihak IT pun ketika dihubungi hanya membaca pesan saja,” ungkapnya, pada saat dihubungi via WhatsApp Senin, 24 Januari 2022

Safana Aulia Zahra Arifin, mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi merasakan adanya kendala ketika akan melakukan presensi mata kuliah. Lalu Safana menuturkan, jika sebagian mahasiswa terkendala mengikuti UAS pada saat hari pertama.

“Ketika akan melaksanakan UAS tiba-tiba saja ECL mengalami down, saya tidak bisa melakukan presensi mata kuliah lain. Lalu pada hari pertama ujian, sebagian situs ECL mahasiswa tidak terbuka dan terpaksa mengikuti ujian susulan,” ucapnya.

Dengan kondisi seperti itu, tim ECL FKIP Unpas akhirnya memutuskan untuk memindahkan pelaksanaan UAS pada situs E-learning dengan menggunakan user dan password dari Nomor Pokok Mahasiswa (NPM). Menanggapi hal ini, Veri Aryanto, dosen dan admin ECL program studi Pendidikan Ekonomi, mengatakan jika ada mahasiswa yang menyampaikan keluhan mengenai UAS maka akan diberikan penjelasan, dan admin prodi akan lebih berkoordinasi dengan tim ECL FKIP.

“Saya akan berkoordinasi lagi dengan tim ECL, dan memberikan penjelasan kepada mahasiswa yang bertanya mengenai keluhan yang diajukan,” pungkasnya.

 

INDAH PRAMASWARISYAH

Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.