Potret para siswa ketika sedang mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Bimbel Kartasasmita di Dusun Citali RT.01 RW.01 Desa Citali Pamulihan, Sumedang. Pada Jum’at 21Januari 2022 (Dena Novia Purwanti/JUMPAONLINE))

Potret para siswa ketika sedang mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Bimbel Kartasasmita di Dusun Citali RT.01 RW.01 Desa Citali Pamulihan, Sumedang. Pada Jum’at, 21 Januari 2022. (Dena Novia Purwanti/JUMPAONLINE)

Nasional, Jumpaonline – Semenjak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menerbitkan surat edaran Nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, para siswa kehilangan semangat belajar karena terlalu lama di rumah. Hadirnya Bimbingan Belajar (Bimbel) Kartasasmita di Desa Citali Pamulihan, Sumedang secara tidak langsung menjadi penyemangat bagi siswa untuk kembali belajar.

Berangkat dari rasa keprihatinan melihat para siswa yang mulai bosan dengan sekolah daring, juga para orang tua yang kewalahan harus membagi waktunya untuk mendampingi sang anak dalam belajar, Dena Novia Purwanti warga dusun Citali, tergerak untuk membuka bimbel untuk ikut berkontribusi dalam dunia pendidikan.

“Rasa Keprihatinan terhadap anak-anak sekolah di masa pandemi ini membuat saya tergerak untuk sedikit berkontribusi dalam dunia pendidikan. Juga dukungan dari warga sekitar untuk membantu para orang tua agar tidak kesulitan membimbing anak-anak mereka di rumah,” tutur Dena Novia Purwanti, pemilik sekaligus tenaga pengajar Bimbel Kartasasmita dalam wawancara daring via WhatsApp, pada Jum’at 21 Januari, 2022.

Program yang dijalankan ini mendapatkan dukungan penuh dari warga dan kepala desa setempat untuk terus mengembangkan Bimbel Kartasasmita. Suntikan buku-buku bacaan ikut diberikan langsung dari Kepala Desa Citali Pamulihan, Sumedang.

“Untuk perizinan alhamdulillah mereka mendukung dan dibuatkan Sisa Hasil Usaha dari desa. Bahkan kepala desa langsung memberikan inventaris buku-buku bacaan dari perpustakaan desa untuk digunakan di Bimbel Kartasasmita,” jelas Dena.

Enung, orangtua murid dari Yunita Anggraeni, salah seorang siswi di Bimbel Karsasmita ikut merasakan manfaat setelah mendaftarkan anaknya untuk mengikuti Bimbel Kartasasmita. Banyak perkembangan yang terjadi, khususnya dari segi akademis.

Alhamdulillah sekarang anak ibu banyak memahami tentang pelajaran, apalagi di pelajaran matematika. Guru bimbelnya sangat teliti dan jelas dalam memberikan materi hingga soal, sehingga anak mudah mengerti,” tutur Enung saat dimintai keterangan melalui wawancara daring via WhatsApp, pada Sabtu 22 Januari, 2022.

 

ALDY RENALDY EDISON

Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.