Potret kondisi kosan di daerah Tamansari pada Minggu, 16 Januari 2021. (Ferly Arliansyah/JUMPAONLINE)

Bandung, Jumpaonline– Beberapa perguruan tinggi di Bandung pada awal tahun 2022 rencanakan Pembelajaran Pertemuan Tatap Muka Terbatas  (PTMT) untuk mengawali perkuliahan semester genap. Sebagian perguruan tinggi sudah melakukan perencanaan  PTMT perkuliahan secara hybrid. Pemilik hunian kost memiliki peluang besar dengan perencanaan perkuliahan dengan mahasiswa sebagai target pasarnya.

Eni, pemilik kost menjelaskan, di akhir tahun 2021 hingga awal tahun ini banyak mahasiswa yang berdatangan untuk bertanya mengenai kamar kost. Bahkan yang melakukan pembayaran dijauh hari pun sudah ada.

“Dari akhir tahun 2021 kemarin hingga saat ini, sudah banyak mahasiswa dan mahasiswi yang berdatangan untuk sekedar menanyakan kamar kost kepada saya, bahkan yang sudah membayar dari jauh-jauh hari untuk ditinggali tahun ini pun sudah ada,” jelasnya.

Eni, menjelaskan banyaknya minat mahasiswa yang ingin mendapatkan kamar kost yang strategis. Omzet pebisnis kost melonjak tinggi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Adanya PTMT membuat penghuni awal tahun bertambah dan semakin ramai mahasiswa yang berminat mencari hunian di sekitar kampus.

“Beda dengan tahun sebelumnya paling hanya terisi 25% itupun paling hanya sampai 2 bulan. Tapi untuk tahun ini alhamdulillah, mungkin karena mahasiswa dan mahasiswi semakin banyak jadi minat kost-an pun semakin banyak,” jelas Eni.

Ahmed, salah satu mahasiswa penghuni kamar kost mengatakan, tujuan menghuni kamar kost dari jauh hari agar tidak berebut. Karena menurut dia untuk lokasi yang terbilang strategis biasanya banyak diminati oleh mahasiswa lain.

“Saya ngekost dari awal itu biar engga berebut kost-an dengan orang lain. Lokasi saya ke tempat kerja pun cukup dekat dan alasan lainnya karena ingin bertemu teman,” ujar Ahmed.

Ahmed menambahkan, sejak pertama menghuni di kamar kost ini hanya dia dan teman sebelah kamarnya. Di awal tahun ini semua kamarnya hampir  terisi dan untuk bagian kamar perempuan pun sama.

”Sejak pertama saya datang di kost-an ini cuma berdua yang mengisi kost-an ini, dan diawal tahun tiba-tiba semua kamarnya hampir terisi semua dan yang bagian kost-an cewek nya pun sama,” pungkas Ahmed.

 

FERLY ARLIANSYAH 

Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.