Potret anggota Racana Universitas Pasundan (Unpas), pengurus panti dan anak-anak Panti Asuhan Al-Fitra di Jalan Udawa No.12, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung pada Kamis, 20 November 2021 (Surya Putra Pratama/JUMPAONLINE)

Kampusiana, Jumpaonline – Racana Pramuka Universitas Pasundan (Unpas) menggelar kegiatan penggalangan donasi Racana berbagi, dengan tema “Berbagi Tanpa Henti, Hadirkan Senyum di Tengah Pandemi” di salurkan kepada panti asuhan Al-Fitra yang berlokasi di Jalan Udawa No.12, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung pada Kamis, 20 November 2021.

Adi Anugrah Akbar, Ketua Dewan Racana Putra mengatakan, tema ini diambil sesuai dengan tema peringatan hari pramuka se-Indonesia. Adi juga menjelaskan, cara racana mengumpulkan donasi itu dengan pengumpulan donasi melalui alumni, bekerjasama dengan beberapa media partner dan sumbangan dari beberapa pengurus.

“Tema keseluruhan se-Indonesia adalah Berbagi Tanpa Henti. Jadi, kita kolaborasikan dengan tema dari Racana. Untuk pengumpulan donasi, kami menyebar pamflet kerja sama ke berbagai pihak salah satunya Unit Kegiatan Mahasiswaa (UKM) pramuka UHAMKA, Univeritas Siliwangi dan berapa media partner, juga dari sesama pengurus racana itu sendiri,” ujar Adi.

Adi menambahkan, selain suit mencari panti asuhan yang membutuhkan, juga pembatasan yang dilakukan di tengah pandemi. Adi juga berharap, dapat membuat kegiatan dengan ruang lingkup yang lebih besar.

“Kendala yang pertama di kota Bandung itu saat mencari tempat panti, memang ada beberapa yang membutuhkan tapi sudah banyak yang menyumbang. Kedua, di tengah pandemi ini awalnya ada pembatasan, tetapi akhirnya kegiatan ini bisa terlaksana. Tentu kita ingin membikin ruang lingkup yang lebih besar, kalau bisa mungkin sampai target 1000 anak panti kita ingin kumpulkan, sehingga ruang lingkupnya tidak hanya di panti ini tapi se-kota Bandung kita kumpulkan,” ujar Adi.

Lutfi Jaenal Mutaqin, pengurus Panti Asuhan Al-Fitra menambahkan, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk berbuat kebaikan di tengah pandemi serta lebih bersinergi untuk panti asuhan Al-Fitra.

“Pertama, jangan lupakan kebaikan, karena kebaikan itu pasti berbalas kebaikan pula. Kedua, mungkin harapannya, Panti Asuhan Al-Fitra lebih bersinergi, lebih eksis sebagai lembaga sosial yang memang menyantuni anak yatim,” pungkas Lutfi.

SURYA PUTRA PRATAMA & FADILLAH FAZRIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.