Tangkapan layar Zulfa Amatillah, pemilik bisnis merch saat di wawancara pada Sabtu, 17 Februari 2021. (Lisanie Nur Fitrianie Permana/JUMPAONLINE)

Sumedang, Jumpaonline – Saat ini Korean Pop atau biasa disebut dengan K-Pop banyak menarik perhatian kaum remaja, tak jarang mereka mengoleksi pernak-pernik idolanya sendiri. Hal ini dilihat sebagai peluang oleh Zulfa Amatillah (18) seorang mahasiswa yang juga merupakan Kpopers asal Sumedang, Jawa Barat. Ia berhasil membuka bisnis pernak-pernik K-Pop dengan nama ‘Lollygangg’ sejak Juni 2020.

Menjadi seorang Kpopers sejak 2018, saat itu pula Zulfa mulai banyak mengoleksi pernak-pernik K-Pop. Semakin lama ia mengikuti kemajuan K-Pop, ia merasa semakin penasaran dan memutuskan untuk mencari tahu lebih jauh mengenai dunia K-Pop. Pada akhirnya, timbul sebuah pemikiran untuk membuka bisnis. Zulfa mengemukakan alasan membuka bisnis ini bukan semata-mata karena menyukai K-pop saja, melainkan ada beberapa alasan lain yang mampu memotivasi dirinya.

“Motivasi saya membuka bisnis ini karena saya pun ingin mencoba hal yang baru, pengalaman yang baru, menghasilkan penghasilan sendiri, dan memang niat saya jika harus kuliah di Sumedang maka saya akan mendirikan bisnis ini,” ujarnya.

Cukup banyak pernak-pernik yang ia jual, diantaranya ada K-Pop stuff seperti album, lightstick, photocard, poster, season greetings, dan berbagai K-Pop stuff lainnya. Untuk memasarkan pernak-pernik yang akan dijualnya, ia membuat grup order di Line. Selain itu, ia pun memasarkan beberapa barang yang dijualnya di Twitter dan juga Shopee.

Dengan menaikkan tarif won ataupun rupiah sebagai harga jual, ia berhasil mendapat keuntungan kurang lebih 5 juta rupiah selama 8 bulan berjalannya bisnis. Dari keuntungannya, ia mampu memenuhi kebutuhan kuliahnya sendiri. Ia pun meyakini bahwa bisnisnya ini bisa terus berkembang, karena pengelolaan bisnis yang baik serta peminat K-Pop yang semakin bertambah banyak.

“Kedepannya, saya yakin bisnis saya akan lebih maju dan berkembang karena didukung oleh  permintaan pasar yang semakin banyak. Maka dari itu saya akan lebih mengembangkan ide dan mengencangkan promosi agar bisnis mampu bersaing dipasaran. Saya juga akan lebih bekerja keras, selalu berdoa, serta yakin pada diri sendiri bahwa bisnis ini bisa sesuai dengan keyakinan saya,” ujarnya.

 

LISANIE NUR FITRIANIE PERMANA

Calon Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *