Sumber: https://siasatpartikelir.com

Judul : Sexy Killers

Durasi  : 1:28:44

Produksi : Watch Doc

Genre : Dokumenter

 

Sexy Killers, film dokumenter yang digarap setelah perjalanan panjang dua jurnalis dari Watchdoc selama 365 hari ini, merupakan film ke 12 yang sudah dikeluarkan. Senada dengan ke 11 filmnya yang lain, Sexy Killers juga sarat akan investigasi didalamnya.

Sexy Killers merekam aktivitas besar pertambangan di pulau Kalimantan sebagai daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia. Sexy Killers, tidak hanya menyoroti bagaimana proses batu bara itu diambil dari dalam perut bumi, tetapi sampai proses kapal–kapal tongkang batu bara mengantarkan ke beberapa PLTU yang berada di pulau Bali dan Jawa untuk menyuplai listrik. Jumlah batu bara yang sangat melimpah di pulau Kalimantan membuat menjamurnya penambang batu bara di pulau ini, sehingga tidak sedikit galian yang dibuat dekat dengan pemukiman warga bahkan sekolahan.

Kondisi yang dapat disebut memprihatinkan di Provinsi Kalimantan Timur ini, bisa dilhat dari bekas galian tambang yang berjumlah 3500 titik. Jumlah ini tidak sedikit, akan sangat berbahaya bagi anak-anak maupun orang desa yang tinggal di sekitar galian. Dalam jangka waktu empat tahun terhitung 2014 hingga 2018 sudah mencapai 115 jiwa meninggal dunia akibat tenggelam di bekas galian batu bara tersebut.

Banyaknya bekas galian batu bara ini sangat memprihatinkan. Sayangnya pemerintah setempat menganggap bahwa bekas galian batu bara ini tidak mengancam bahkan hal yang biasa dan sudah takdirnya, seperti penggalan wawancara gubernur Kalimantan Timur “ya namanya nasibnya dia, meninggal di kolam tambang, kan”.

Regulasi terhadap galian bekas tambang dan segala kegiatan setelah penggalianpun tidak ada kejelasannya. Walau perusahaan sudah dimintai sejumlah uang untuk biaya reklamasi, namun tak ada upaya maksimal untuk menutup kembali bekas galian tambang tersebut. Kecuali menutup sekitar lubang galian menggunakan sebidang papan seng.

Masyarakat disekitar galian bekas tambang batu bara juga melakukan protes namun berujung pada persekusi. Seorang bapak di desa kertabuana kabupaten Kutai Kerta Negara, ditangkap dengan dalih mengganggu jalannya operasional perusahaan. Kasus tersebut membuat jera para warga yang melakukan protes terhadap aktivitas tambang. Kondisi yang memprihatinkan ini membuat sebuah organisasi non profit asal Belanda yang berfokus pada lingkungan ikut ambil bagian dalam menyuarakan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari PLTU beserta aktivitasnya. Serta ada juga beberapa daerah yang melakukan penolakan terhadap PLTU karena aktivitas tambang memiliki andil dalam kerusakan alam, bahkan mengganggu kesehatan hingga harus merenggut nyawa warga di sekitarnya.

Selain potret aktivitas pertambangan batu bara yang sangat banyak kejanggalan dan kepiluan, sexy killers juga membuka segudang nama pemilik perusahaan serta deretan penanam modal yang bergulat dalam perebutan kursi RI 1. Pada bab ini mereka memiliki andil dalam aktivitas tambang, begitu juga dengan orang – orang yang berada di lingkup pencalonannya. Situasi ini membuat kita mengerti bahwasanya kandidat yang bertarung dalam perebutan RI 1 ini sedikit banyak bertanggung jawab terhadap dampak negatif yang ditimbulkan dari pertambangan batu bara.

Peluncuran film yang dilakukan menjelang pencoblosan ini mungkin dapat menjadi alternatif informasi dari berbagai pemberitaan yang berkeliaran di internet. Sehingga memungkinkan untuk menyegarkan pemikiran kita dalam menghadapi pemilu yang panas ini, serta memperoleh gambaran terhadap gelapnya dunia tambang Indonesia khususnya tentang sistem oligarki yang terjadi di Indonesia.

 

M. TARUNA PRIMA RAHARDI

Penulis adalah Anggota LPM Jumpa

28 thoughts on “Pilu dalam Pusaran Tambang”
  1. This blog is definitely rather handy since I’m at the moment creating an internet floral website – although I am only starting out therefore it’s really fairly small, nothing like this site. Can link to a few of the posts here as they are quite. Thanks much. Zoey Olsen

  2. Sweet blog! I found it while browsing on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Appreciate it

  3. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz reply as I’m looking to create my own blog and would like to know where u got this from. cheers

  4. My brother suggested I would possibly like this blog. He was totally right. This post actually made my day. You cann’t consider just how so much time I had spent for this information! Thank you!

  5. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You definitely know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something enlightening to read?

  6. Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after going through a few of the posts I realized it’s new to me. Anyways, I’m definitely pleased I came across it and I’ll be bookmarking it and checking back regularly!

  7. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this site. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s tough to get that “perfect balance” between user friendliness and visual appeal. I must say you have done a superb job with this. In addition, the blog loads very fast for me on Chrome. Exceptional Blog!

  8. We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your web site provided us with valuable information to work on. You have done an impressive job and our whole community will be grateful to you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *