lapak-baca
Muhammad Fauzi Mubarak sedang mempersiapkan buku untuk ‘Lapak Baca Gratis’ di Gedung FKIP Universitas Pasundan Tamansari pada Sabtu, 4 Maret 2017. (Muhammad Andy Rusandy Supadi / JUMPAONLINE)

 

Tamansari, JumpaonlineBudaya literasi yang kurang pada mahasiswa saat ini, memicu terjadinya gerakan di kalangan mahasiswa jurusan Sastra Indonesia. Salah satu gerakannya yaitu ‘Lapak Baca Gratis’ yang diadakan setiap malam minggu.

“Jadi rangkaian acaranya selain membuka lapak buku, yaitu setiap akhir bulan akan diadakan diskusi dan teater yang akan bekerja sama dengan adik-adik tingkat saya,” ujar Muhammad Fauzi Mubarak mahasiswa jurusan Sastra Indonesia 2015 saat diwawancarai Jumpaonline pada Sabtu, 4 Maret 2017 di depan Gedung FKIP Kampus Unpas Tamansari.

Fauzi mengatakan bahwa ada beberapa kendala dalam pelaksaan lapak baca. Mulai dari masih mencari buku pinjaman, tempat di luar gedung yang terganggu oleh hujan, hingga perizinan yang hanya membolehkan kegiatan tersebut dilaksanakan di atas jam 18.00.

“Pertama masih pinjam buku sana-sini, kedua tempat yang belum tetap jadi kita harus pindah tiga kali karena hujan, terakhir kegiatan ini diizinkan setelah jam enam sore saat mahasiswa sudah pulang,” ucap Fauzi.

Total buku yang tersedia yaitu 58, terdiri dari buku-buku pribadi dan 19 buku sumbangan dari komunitas Perpustakaan Jalanan Karawang. Bermacam-macam genre buku ada di lapak baca, mulai dari sastra, politik, novel, dan komik.

“Bukunya ada banyak, bukan cuma ilmiah yang sering kita temui di perkuliahan. Tapi juga buku politik dan sastra yang anti mainstream,”ujar Anggi Herlambang Mahasiswa Sastra Indonesia 2015.

Anggi mengatakan bahwa saat ini mahasiswa kurang memiliki pemahaman, karena rendahnya minat baca. Jadi dengan diadakannya lapak baca dapat mulai menumbuhkan kembali minat baca di kalangan mahasiswa, hal tersebut disambut positif olehnya.

“Saya menyambut positif sih dengan diadakannya hal ini, karena dapat menumbuhkan kembali minat baca mahasiswa di Unpas,” ucap Anggi.

Senada dengan Anggi, Indra Kartasasminta mahasiswa jurusan Sastra Indonesia angkatan 2015 mengatakan bahwa, dengan adanya lapak baca dapat menumbuhkan minat baca yang berkurang sejak masuk kuliah.

MUHAMMAD ANDY RUSANDY SUPADI

Anggota Muda LPM Jumpa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *