Suasana saat pembukaan FRAKSI PKnH Ketua Pelaksana, Joko Susanto (kiri pertama), Sekretaris Jurusan, Elan, Ketua Hima PKnH, Endang Ahmad, dan perwakilan dosen turut hadir dalam pembukaan tersebut pada Sabtu, 6 September 2014. (Sudury Septa Mardiah/JUMPAONLINE)
Suasana saat pembukaan FRAKSI PKnH Ketua Pelaksana, Joko Susanto (kiri pertama); Sekretaris Jurusan, Elan; Ketua Hima PKnH, Endang Ahmad; dan perwakilan dosen turut hadir dalam pembukaan tersebut pada Sabtu, 6 September 2014. (Sudury Septa Mardiah/JUMPAONLINE)

Tamansari, Jumpaonline­- Himpunan Mahasiswa PKnH menawarkan konsep OPMB jurusan yang baru pada tahun ini. Mengusung tema Fase Orientasi Pengenalan Akademik dan Silaturahmi (FRAKSI), Hima PKnH merombak seluruh konsep yang rutin dipakai tiap tahunya. Hal yang berbeda pada konsep tahun ini salah ssatunya tidak ada Komisi Disiplin (Komdis) atau biasa disebut tatib, yang kerap ada di acara ospek.

“Mereka sudah dewasa, kita tinggal membina saja tak perlu ada tatib,” ungkap Joko Susanto, usai pembukaan acara ospek pada Sabtu, 6 September 2014.

Ada beberapa hal yang menjadi dasar konsep OPMB Jurusan tahun ini. Ketua Umum Hima PKnH, Endang Ahmad menyampaikan bahwa ospek adalah orientasi perkenalan kampus bukan perpeloncoan. Adanya ospek pada perguruan tinggi berawal di Cambridge University, Inggris. Mereka mengadakan perpeloncoan karena saat itu mahasiswa barunya adalah anak penguasa atau pejabat maka dari itu diadakan perpeloncoan. Hal itu dilakukan dengan alasan ketakutan adanya ketidakdisiplinan dari mahasiswa baru.

“Perpeloncoan memang relevan pada masa itu namun untuk kali ini sudah tidak lagi,” ucap Endang.

Walaupun dalam masa percobaan, Endang menargetkan akan keberhasilan OPMB jurusan kali ini. Adapun tolok ukur keberhasilan ospek bagi Endang adalah tidak adanya kecanggungan berkomunikasi antara mahasiswa baru dengan senior.

“Kalau ada tatib biasanya mahasiswa baru sering canggung untuk berkomunikasi,” kata Endang.

ELIA NURINDAH SARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *