Dokter PMI sedang memeriksa kesehatan pendonor (Sudury Septa Mardiah/JUMPAONLINE)
Dokter PMI sedang memeriksa kesehatan pendonor (Sudury Septa Mardiah/JUMPAONLINE)

Setiabudi, JumpaonlineKorps Sukarela (KSR) PMI Unit Unpas hanya menyediakan waktu empat jam untuk kegiatan Donor Darah Sukarela. Kegiatan itu dimulai pada pukul 13.00 hingga 17.00, namun penutupan pendaftaran dilakukan lebih awal yakni pukul 16:00. Meskipun pendaftaran telah ditutup, mahasiswa masih berdatangan.

Mahasiswa yang ingin mendaftar menjadi pendonor ditolak oleh KSR. Robby Nourita, 22 tahun, mahasiswa Teknik Informatika terlambat mendaftar karena baru mendapatkan informasi dari temannya.

“Harusnya masih bisa, kedepannya waktu pendaftaran donor darah diperpanjang dong,” ujarnya kepada Jumpaonline, Senin, 28 April 2014.

Hal tersebut diakui oleh Fitri Nuranisa Hidayat, 19 tahun, Penanggung Jawab kegiatan. Menurutnya questioner yang diberikan kepada pendonor berisi pendapat tentang perpanjangan waktu donor darah.

“Banyak yang minta waktu diperpanjang, tapi yang kita utamakan bukan kuantitas pendonor tapi kualitas darah,” ujarnya ketika ditemui di Aula Unpas Setiabudi.

Delapan tim dokter dari PMI  Bandung diikutsertakan dalam kegiatan. Salah satunya Siswo Budi, ia mengatakan darah yang terlalu lama disimpan di kotak penampung dengan kondisi es yang mencair akan berkualitas jelek.

“Memang waktu donor darah tidak boleh lebih dari lima jam. Darah yang ditampung harus segera dimasukan ke ruang pendingin PMI agar menjaga kualitasnya,” tutupnya.

SASTIKA DEWI KABALMAY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *