Ekspedisi Mapak Alam ke Gunung Ciremai kabupaten Kuuningan, Jawa Barat. (archie-derany.blogspot)
Ekspedisi Mapak Alam ke Gunung Ciremai kabupaten Kuuningan, Jawa Barat. (archie-derany.blogspot)

Tamansari, Jumpaonline –  Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (Mapak Alam) ingin membanggakan Unpas dengan melakukan observasi Suku Kajang dan pendakian Pegunungan Latimojong, Sulawesi Selatan. Kedua tempat tersebut dipilih karena kurang terjamah oleh masyarakat luar. Kegiatan yang bertema Mapak Alam South Celebes Exploration diadakan pada 22 April sampai 9 Mei 2014.

Menurut Imam Nurfallah, 22 tahun, Ketua Pendakian Pegunungan Latimojong mengatakan jalur pegunungan sulit dan jarang didaki oleh pendaki gunung lainnya. Tata letak wilayah dengan potensi lingkungan adalah hal yang penting dalam eksplorasi Mapak Alam.

“Kami meneliti potensi bencana dan titik koordinatnya. Inti materi penelitian tentang pemetaan wilayah secara ekologis, geografis, jalur pendakian, dan mengangkat budaya serta lingkungan hidup,” ungkapnya saat ditemui Jumpaonline pada Senin, 21 April 2014.

Inti materi penilitian di Suku Kajang juga serupa dengan pendakian pegunungan. Menurut Imam, akan menjadi kebanggaan bagi timnya bila bisa memasuki kampung suku tersebut dan berbaur dengan mereka. Pasalnya Suku Kajang merupakan suku yang sulit didekati.

“Salah satu organisasi pecinta alam di Malang pernah ditolak masuk ke kampung Suku Kajang, bahkan TVOne tidak berhasil mengambil rekaman ketua suku,” katanya.

Penebangan pohon dan kebakaran hutan menjadi hal yang diteliti oleh Mapak Alam. Arief Budi Wandoyo, 22 tahun, ketua Mapak Alam mengatakan hasil dari penelitian akan disosialisasikan kepada masyarakat setempat agar mencintai lingkungan. Kegiatan tersebut akan dibuat film dokumenter dan akan diputar pada tanggal 31 Mei 2014 di Aula Unpas Tamansari.

“Kami akan menghimbau masyarakat setempat agar memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak,” ujar mahasiswa angkatan 2010 itu.

SASTIKA DEWI KABALMAY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *